5 March, 2020

Dukungan pemerintah untuk penggunaan produk hasil industri hilir karet dalam negeri sudah relatif bagus. Sekarang industrinya harus terus meningkatkan kualitasnya untuk bisa bersaing. Adiwidjaja Masman, Direktur PT Kemenangan menyatakan hal ini kepada Media Perkebunan.id.

PT Kemenangan merupakan perusahaan pengolah karet dengan spesialis produk marine. Berdiri sejak tahun 1954, dimulai dari suplier barang untuk Kemenhub kemudian berkembang menjadi manufaktur produk karet.

Saat ini 70% produknya adalah rubber fender untuk pelabuhan dengan berbagai macam tipe. Produk karet lainnya adalah rubber hose yang banyak digunakan di pertambangan dan perminyakan, kemudian rubber article.

PT Kemenangan sendiri produk-produknya kalau dibandingkan dengan produk impor dari sisi kualitas berani bersaing, apalagi dari sisi harga dapat dipastikan lebih murah karena biaya produksi di luar negeri lebih tinggi. Tetapi kadang-kadang ada instansi pemerintah ataupun BUMN tertentu dalam proses pengadaannya mensyaratkan harus produk luar negeri ( impor ) sehingga Kemenangan tidak bisa masuk.

“Pernah ada kejadian ini kita lapor ke Menteri Koordinator Maritim dan Investasi. Deputi Menteri memanggil BUMN-BUMN yang tidak menggunakan produk dalam negeri dan ditegur,” katanya. Rapat tersebut dihadiri Sekretariat Kabinet bidang kemaritiman, Deputi BPKP, Deputi Pengkajian Kebijakan Teknologi BPPT, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, Kepala Pusat P3DN ( Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri ) serta BUMN yang dilaporkan. Forum menyepakati bahwa TKDN diatas 40% merupakan kategori barang WAJIB jadi tidak perlu impor.

Dukungan pemerintah yang sudah baik ini harus dimanfaatkan dengan peningkatan kualitas. Masalahnya banyak produsen dalam negeri lain yang mengejar harga murah saja untuk mendapatkan proyek. Sedang kualitas produk diabaikan seperti memasukkan bahan pengisi (filler) yang tidak sesuai spesikasi. Kalau seperti ini maka dukungan pemerintah menjadi sia-sia.

Kemenangan sendiri menjadikan dukungan pemerintah ini sebagai cambuk untuk lebih meningkatkan kualitas. Setiap keuntungan perusahaan dikembalikan lagi untuk investasi mesin-mesin baru, software-software canggih, laboratorium pengujian yang lebih canggih dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dengan merekrut tenaga yang kompeten dan terus menerus ditingkatkan kemampuannya melaui pelatihan dan berbagai seminar di dalam dan luar negeri.

Untuk rubber fender, Kemenangan bukan hanya sedekar pemasok saja tetapi memiliki tim engineer yang mampu mendesain produk sehingga sesuai dengan kondisi pelabuhan tersebut. Tim ini menjadi konsultan perancangan untuk optimalisasi pelabuhan dan hasilnya bisa dibandingkan dengan konsultan yang dimiliki pelabuhan tersebut. Dan sebagian besar owner pelabuhan tersebut lebih mempercayai hasil desain dari Tim Desain Kemenangan karena memang mempunyai software yang sangat canggih dan kemampuan SDM yang unggul. Konsultasi ini tidak dipungut bayaran.

Kemenangan memproduksi berbagai tipe rubber fender yaitu V fender, A fender, Cylindrical fender, cell fender, I fender, square fender, dock/warehouse bumper, element fender, cone fender, D fender, W fender, M fender, tug boat fender, rup strips (boat landing bumper).

(Visited 21 times, 1 visits today)