22 October, 2020

Jakarta, mediaperkebunan.id – Dalam rangka meningkatkan pendidikan di Indonesia, Minamas Plantation memberikan beasiswa kepada 6 orang mahasiswa jenjang S1 Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI)-Cimahi-Bandung-Jawa Barat.

Program Beasiswa Minamas Peduli tersebut merupakan realisasi dari program CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang pendidikan yang dimulai sejak tahun 2019. Selain itu, program beasiswa tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI) Bandung yang diberikan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dengan melalui serangkaian proses seleksi mulai dari tes akademis, tes psikologi, wawancara hingga tes kesehatan.

CEO Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad mengatakan, pendidikan merupakan investasi penting untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. “Karena itu, sejak 2009 kami berkomitmen untuk menyelenggarakan program beasiswa agar mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan secara finansial dapat menyelesaikan studinya tanpa terkendala biaya. Terlebih lagi saat ini di mana banyak masyarakat yang terkena dampak COVID-19 yang berimbas tidak hanya pada aspek kesehatan, melainkan juga pada aspek ekonomi sosial,” ungkap Shamsuddin.

Mengapresiasi bantuan yang diberikan Minamas Plantation, Rektor Universitas UNJANI – Prof. Hikmahanto Juwana mengungkapkan, “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas program beasiswa Minamas Plantation ini. Meskipun di tengah pandemi saat ini tidak menutup komitmen Minamas Plantation untuk terus memberikan beasiswa kepada para mahasiswa terpilih.”

Selain bantuan biaya pendidikan, penerima beasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk memperluas networking sehingga mereka dapat lebih berkembang, dan dapat mengejar mimpi mereka dalam menyelesaikan kuliah.

“Saya pun mengapresiasi Minamas Plantation karena program beasiswa ini tidak hanya diberikan bagi mahasiswa-mahasiswa yang tidak hanya pintar tetapi juga kurang mampu. Semoga program beasiswa Minamas Plantation ini dapat diadaptasi oleh perusahaan-perusahaan lain,” kata Prof. Hikmahanto.

Para kandidat yang terpilih dalam program ini mendapat bantuan biaya pendidikan yang meliputi uang sekolah, uang buku, uang saku dan biaya-biaya lainnya seperti tugas akhir dan wisuda. Sejak digulirkan pertama kali pada tahun 2019 hingga saat ini, program beasiswa Minamas Plantation telah diberikan kepada 12 orang mahasiswa UNJANI dari jenjang S1.

Andre Rizky Mandala Pamungkas Suherman, – Penerima Beasiswa mahasiswa Prodi Akutansi yang tahun ini telah lulus mengatakan, “Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Minamas Plantation, kesulitan ekonomi keluarga hampir membuat saya kehilangan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Dengan adanya beasiswa yang diberikan ini saya dapat melanjutkan pendidikan, memacu saya untuk meningkatkan prestasi, menyelesaikan skripsi tepat waktu dan mendorong saya untuk memajukan UNJANI.”

Selain itu, kata Andree, “program ini juga memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk bergabung dengan Perusahaan apabila ada peluang pekerjaan, namun tidak mengikat apabila kita ingin berkarir di tempat lain.”

Selain Progam Beasiswa Minamas Peduli tersebut, Minamas Plantation juga memiliki Building Estate Sustainability Transformational Program (BEST Program) dalam memberikan dalam menjalankan program beasiswanya yang dibentuk sejak 2018 dan bertujuan untuk menghasilkan calon sstaf yang memikili knowledge, leadership competency dan attitude yang sesuai dengan kebutuhan budaya di Minamas Plantation.

BEST Program merupakan metode pengembangan scholarship bagi siswa-siswa lulusan SMA ke jenjang D3 dan bekerja sama dengan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam program studi Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan (TMP).

Hingga kini, jumlah peserta BEST PROGRAM sudah mencapai 66 orang yang terdiri dari yang berasal dari keluarga karyawan, karyawan (SKU maupun PKWT), dan atau masyarakat sekitar kebun yang nantinya akan dipekerjakan di Minamas Plantation.

Selain rutin berkontribusi melalui Pilar Pendidikan, Kesehatan, Kepemudaan, Olahraga dan Budaya seperti program beasiswa tersebut, Program CSR Minamas Plantation juga dikembangkan dalam pilar Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan yang berkomitmen dan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

(Visited 36 times, 1 visits today)