6 August, 2020

Sekretariat CPOPC (Council of Palm Oil Producing Countries) tanggal 4 Agustus lalu mengirim surat keberatan kepada Kraft Heinz soal kampanye negatif kelapa sawit yang menyesatkan. Ini merupakan respon dari klaim bebas minyak sawit (palm oil free) dari produk baru Kraft Hazelnut Butter di Kanada.

Bagi CPOPC strategi pemasaran yang memboikot kelapa sawit akan menambah informasi sesat dan merugikan konsumen, juga merusak upaya bersama untuk memproduksi, menggunakan minyak sawit yang berkualitas, sehat dan sustainable. Boikot akan membuat pemahaman yang salah pada konsumen dan merugikan jutaan tenaga kerja pada rantai pasok sawit, termasuk jutaan pekebun yang sedang berjuang untuk mencapai kesejahteraan dan memproduksi minyak sawit sustainable.

Sebagai anggota RSPO seharusnya Kraft Heinz mempromosikan produksi dan penggunanaan minyak sawit sustainable. Perusahaan ini bersikap mendua karena minta petani memproduksi minyak sawit sustainable tetapi sisi lain malah memboikot.

Kraft Heinz pasti mengerti apa yang mereka lakukan di Kanada tidak punya bukti ilmiah. Di RSPO pasti sudah banyak informasi bahwa minyak sawit tidak punya pengaruh negatif pada kesehatan. Di bumi yang sumberdayanya semakin terbatas dan populasi terus bertambah, kelapa sawit adalah yang terbaik dalam menyeimbangkan kebutuhan kalori dan sustainability.

Berbagai LSM dunia sepakat bahwa satu-satunya alternatif dari sawit adalah minyak sawit sustainable. Dari semua minyak nabati, sertifikasi sustainability minyak sawit merupakan jaminan perlestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati. Indonesia dan Malaysia sebagai produsen terbesar sudah mewajibkan sertifikasi minyak sawit sustainable.

CPOPC tidak minta Kraft Heinz untuk kembali menggunakan sawit dalam produknya, tetapi menarik kampanye bebas kelapa sawit. CPOPC minta Kraft Heinz yang produknya banyak di jual di Indonesia dan Malaysia, dan di dua negera produsen utama kelapa sawit juga punya kantor untuk lebih sensitif mengenai sawit ini.

Kraft Heinz diminta tidak hanya harus menghargai kecerdasan konsumen dan kehidupan jutaan orang yang hidupnya tergantung dari sawit tetapi bermitra mengembangkan dan memperkuat sustainability, termasuk langkah nyata melindungi orang utan.

(Visited 111 times, 1 visits today)