18 August, 2016
Bagikan Berita

KUCHING – Pemerintah China akan mengembangkan industri berbasis gambut salah satunya industri pupuk. Dalam satu tahun, China menargetkan produksi 1,5 juta m3 pupuk berbasis gambut. Sebagian besar atau 90% dialokasikan untuk kebutuhan agrikultur.

Xiancheng Zeng, China Humic Acid Industry Association, mengungkapkan, dengan kapasitas produksi 1,5 juta ton per tahun, dalam 5 tahun kedepan, China mampu meraih pendapatan hingga 230 miliar Yuan.

“Kami percaya, industri pupuk berbasis gambut akan menjadi industri masa depan bagi China. Kegiatan yang melibatkan industri kecil dan menengah itu lebih kompetitif dan ramah lingkungan dibandingkan pupuk kimia karena gambut kaya kandungan bahan organik,” kata Zeng pada 15 Th IPC 2016 di Kucing.

Menurut Zeng, potensi pengembangan pupuk gambut sangat besar. Apalagi pemerintah China saat ini memperbolehkan setiap rumah tangga mempunyai 2 anak dari sebelumnya hanya 1 anak. Kebijakan itu, akan mendorong pertumbuhan populasi masyarakat di China dalam beberapa tahun kedepan dari 1,2 miliar jiwa menjadi 1,6 miliar jiwa.

Zeng menambahkan, sejalan dengan kebijakan itu, pemerintah China juga terus mengembangkan industri ramah lingkungan. China merupakan satu diantara banyak negara di dunia yang peduli terhadap lingkungan. “HArmonisasi kepentingan dalam pengelolaan lahan gambut untuk kepentingan pertanian, industri dan lingkungan sangat menjadi fokus pemerintah China,” ungkap Zeng.

Zeng memperkirakan, pembangunan industri berbasis gambut mempunyai magnitut kuat r dalam pengembangan industri baru di China. “Kandungan berbagai bahan organic dalam gambut menjadi jaminan bahwa pemanfataan industri gambut lebih aman,” kata Zeng.

Menurut dia, ide pembuatan pupuk gambut terinpirasi dalam pemanfataan gambut di Belanda untuk pemuliaan tanaman dan budidaya pada abad ke 19. “Sebenarnya, kami tertinggal dalam pemanfaatan gambut dibandingkan dengan banyak negara di Eropa. Untuk mengejar ketertinggalan itu, kami akan mengembangkan industri ramah lingkungan yang lebih beradab.”

Baca Juga  Harga Sawit Jambi Rp 1.899,87 per Kg

Zeng menambahkan, “pupuk berbasus gambut tersebut bisa diaplikasikan pada industri perkebunan, padi, perkebunan strawberry serta penanaman pohon untuk kepentingan hutan tanaman industri.” YIN

(Visited 63 times, 1 visits today)