2nd T-POMI
2024, 20 Februari
Share berita:

JAKARTA, mediaperkebunan.id – Mantan CEO Microsoft Corporation, Bill Gates tengah kembangkan minyak nabati sebagai pengganti minyak kelapa sawit. Diakuinya, minyak sawit saat ini sulit digantikan dengan minyak nabati lain karena murah, tidak berbau dan berlimpah.

“Ini juga satu-satunya minyak nabati dengan keseimbangan lemak jenuh dan tak jenuh yang hampir sama, itulah sebabnya minyak ini sangat serbaguna. Jika lemak hewani adalah bahan utama dalam beberapa makanan, maka minyak sawit adalah salah satunya,” ujar Bill Gates.

Bil Gates mengatakan, kandungan minyak sawit terdapat pada semua barang kemasan, mulai selai kacang, kue kering, ramen instan, pembuat krim kopi, dan makan malam beku hingga alat kebutuhan manusia lainnya, dan biofuel untuk mesin diesel.

“Persoalan minyak sawit bukan terletak pada bagaimana kita menggunakannya, namun bagaimana kita mendapatkannya. Hal ini dikarenakan pohon kelapa sawit, jenis pohon palem asli Afrika Tengah dan Barat, tidak tumbuh di mana-mana,” ungkap Bill Gates dalam blognya gatenote.com, beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, kata Bill Gates, tanaman sawit yang hanya akan tumbuh dengan baik dalam jarak lima hingga sepuluh derajat dari garis khatulistiwa telah menyebabkan deforestasi hutan hujan di wilayah khatulistiwa di seluruh dunia dengan tebang dan bakar, yang kemudian diubah menjadi perkebunan kelapa sawit.

Bill Gates pun kini berinvestasi dengan pengembangan minyak alternatif pengganti sawit dengan mengembangkan minyak dari mikroba ragi liar yang difermentasi. Dia pun menggandeng perusahaan C16 Biosciences untuk mencari alternative pengganti minyak sawit.

Produk minyak C16 secara kimiawi memang berbeda dengan minyak sawit konvensional. Namun minyak C16 mengandung asam lemak yang sama, sehingga bisa digunkana dalam aplikasi yang sama.

Baca Juga:  Program Biodisel Cukup Hingga B50 Saja

Minyak ini sama alaminya dengan minyak sawit, hanya saja tumbuh pada jamur bukannya pohon. Proses penciptaan minyak C16 ini bebas dari pertanian yang memakan berhektare-hektare lahan untuk menanam tumbuhan pencipta minyaknya. Keuntungan lain dari minyak C16 ini adalah prosesnya yang relative terjangkau. (YR)