9 January, 2017

Balai Besar Pengembangan (BBP) Mekanisasi Pertaian (Mektan), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPP), berupaya mendukung swasembada, salah satunya adalah swasembada gula. Tahun ini akan dilaunching mesin panen tebu juring ganda yang dari design sampai perekayasaa dilakukan oleh BBP Mektan sendiri.

Andi Nur Alamsyah, Kepala BBP Mektan menyatakan hal ini. Mesin panen tebu ini merupakan jawaban kekurangan tenaga kerja pada saat panen. BBP Mektan mempunyai laboratorium desain dan perekayasaan sendiri. Alat panen juring ganda ini sepenuhnya merupakan hasil karya BPP Mektan.

Alat mesin lain untuk swasembada tebu adalah rawat ratoon. Alsin yang sudah mendapat hak paten ini mempunyai fungsi dan keunggulan memotong/mengempras hingga rata tanah tunggul tebu juring tunggal sisa panen; memutus akar sampig rumput (pedot-oyot); menggemburkan tanah sepanjang baris tanaman tebu juring tunggal.

Alat mesin lainnya adalah bud chip untuk memotong batang bibit tebu, mudah dioperasikan, mudah dipindah tempatkan, kapasitas pemotongan 850-900 ruas. Core sampler tebu untuk menentukan rendemen individu tebu.

Pemroses gula cair untuk menguapkan air nira yang telah dimurnikan agar menjadi gula tebu cair, laju evaporasi air dari nira murni 3,75 l/jam. Pemeras tebu untuk mengepres tebu dan diambil sarinya, kapasitas input 285 kg/jam (2 kali giling). S

(Visited 232 times, 1 visits today)