26 August, 2016

Guna meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dalam bidang tester dan pengolahan teh, Asosiasi Teh Indonesia (ATI) mengadakan pelatihan Tea Tester pada tahun ini. Pelatihan dipandu para instruktur yang sudah berpengalaman dalam bidang pengolahan dan Uji Mutu Teh dari dalam dan luar negari, seperti Mr Chee Keong Lee dari Singapura.

Ketua ATI Dede Kusdiman mengatakan, pelatihan tea tester bertujuan untuk meningkatkan pengetahun dan keterampilan peserta dalam tester dan pengolahan teh. “Dengan demikian para pelaku bisnis teh akan semakin ahli dalam pengelolaan bisnisnya, sehingga bisa meningkatkan kinerjanya, “ ujarnya kepada Media Perkebunan.

Pelatihan tea tester selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 Agustus itu diikuti sebanyak 26 peserta dari berbagai perusahaan perkebuan teh, seperti PTPN VIII, PTPN IX, PT Mitra Kerinci, PT Pagilaran, dan lain sebagainya. Pelatihan tes tester merupakan agenda tahunan ATI yang kali ini sudah memasuki angkatan ke-7.

Pelatihan yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, itu dipelajari mengenai proses pengolahan teh hitam, teh hijau, teh oolong, dan teh putih. “Dengan semakin ahlinya para tea tester maka diharapkan tidak ada lagi keluhan dari pembeli,” tukas Dedi. (YR)

(Visited 207 times, 1 visits today)