10 January, 2020

JAKARTA, Perkebunannews.com- Dua unit usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT), PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) berkategori Hijau di tahun 2019. Penghargaan diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Rabu (8/1).

Kedua anak usaha ANJA menduduki peringkat pertama dan kedua dari total 29 perusahaan industri sawit yang meraih piala PROPER Hijau. Dalam Proper 2019, dari sebanyak 2.045 perusahaan yang dinilai KLHK, sebanyak 26 perusahaan menerima piala kategori Emas, 174 untuk peringkat Hijau, dan 1.507 untuk peringkat biru.

Direktur Utama ANJ, Istini Tatiek Siddharta mengatakan, kedua penghargaan ini merupakan bukti dari komitmen ANJ terhadap penerapan pengembangan bertanggung jawab. “Kedepannya, kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi unit usaha lainnya untuk meraih prestasi yang sama,” jelas dalam siaran pers, Kamis (9/1).

Menurut Istini, penghargaan yang diraihnya adalah bukti bahwa ANJA tidak hanya mematuhi ketaatan dalam pengelolaan lingkungan saja. “Namun (ini) melampaui peraturan pengelolaan lingkungan oleh pemerintah (beyond compliance),”ujarnya.

PROPER bertujuan untuk mendorong industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R (Reduce, Reuse, Recycle) limbah B3 dan limbah padat Non B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

Pemberiaan Proper dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan sejumlah perusahaan perkebunan. (YR)

(Visited 74 times, 1 visits today)