2nd T-POMI
2024, 6 Mei
Share berita:

Jakarta, mediaperkebunan.id – Tahukah kamu mengonsumsi gula aren memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh?

Gula aren diproduksi dengan cara mengdehidrasi nira pohon aren yang kemudian dimasak dan dicetak hingga mengeras. Nira sendiri merupakan cairan yang didapat dari proses menyadap batang dan bunga pohon aren.

Dilansir dari PharmEasy, rasa manis pada gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih, maka bagi penderita diabetes konsumsilah gula aren sebagai pengganti gula putih. Selain itu, gula aren juga memiliki kandungan mineral penting seperti potasium, kalsium, dan megnesium.

Sejumlah vitamin kecil seperti thiamin, riboflavin, dan niacin juga ada pada gula aren, karenanya gula aren memiliki beragam manfaat karena nilai gizinya yang tinggi. Berikut ini adalah 7 potensi manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh, benarkah berpotensi melindungi diri dari penyakit kronis?

1. Gula aren sebagai antioksidan

Gula aren dapat berperan sebagai antioksidan karena memiliki senyawa bioaktif seperti polifenol dan flavonoid. Sebuah penelitian juga menjukkan bahwa gula aren dapat menunjukkan potensi antioksidan dengan menonaktifkan radikal bebas berbahaya.

2. Gula aren sebagai pelindung kerusakan DNA

Gula aren berpotensi mampu melindungi DNA dari kesurakan yang disebabkan oleh berbagai penyakit seperti kanker dan kelainan genetik. Hasil penelitian meniunjukkan bahwa ekstrak gula aren dapat melindungi DNA dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Potensi gula aren sebagai pelindung DNA dari kerusakan bisa didapat dari aktivitas antioksidan senyawa bioaktif sepert flavonoid dan polifenol.

3. Mengatasi diabetes

Potensi manfaat gula aren untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi diabetes tipe 2 yang umumnya terjadi pada bagian bawah tubuh. Gangguan pada sistem saraf, aliran darah, dan rentan terhadap infeksi memungkinkan terjadinya luka pada tubuh penderita diabetes.

Baca Juga:  UMKM Gula Semut Mitra Pertamina Siap Menembus Pasar Ekspor

Gula aren mengandung beberapa zat gizi makro dan zat gizi mikro seperti vitamin B 1, B2, B3, B6, B12, dan C, serta protein dan mineral yang dapat membantu penyembuhan luka. Ratnasari dkk (2021) melakukan sebuah penelitian dan mendapatkan temuan bahwa gula aren dapat menyembuhkan diabetes tipe 2.

4. Dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi

Gula aren memiliki potensi dapat mengurangi rasa lelah pada tubuh karena mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahragawan dapat beraktivitas dengan lebih semangat setelah mengonsumsi gula aren.

  1. Gula aren dapat memproduksi sel darah merah dan antibodi

Kandungan vitamin B6 pada gula aren memungkinkan terjadinya produksi sel darah merah dan antibodi. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat gula aren yang satu ini.

6. Membantu menurunkan berat badan

Gula aren berpotensi dapat menurunkan berat badan karena mampu mengurangi indeks glikemik pada suatu makanan. Indeks glikemik adalah indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Karenanya, gula aren direkomendasikan untuk dikonsumsi pada penderita diabetes sebagai pemanis alami karena dapat menjaga kadar gula darah dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Gula aren berpotensi melindungi diri dari penyakit kronis

Gula aren berpotensi mengurangi risiko penyakit kanker usus besar karena kandungan antioksidan di dalamnya. Tak hanya itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam gula aren juga dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Kendati demikian, kanker merupakan penyakit serius, sehingga perlu penanganan dan rekomendasi dari dokter lebih lanjut mengenai pengobatannya.

Selain 7 manfaat gula aren di atas, EasyPharm menyebutkan bahwa gula aren juga memiliki beberapa manfaat potensial lainnya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah melindungi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, memiliki sifat anti-magh, antibiotik, dan anti-asma. Untuk mendapatkan segala manfaat dari gula aren, tentu juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi.

Baca Juga:  Alsintan Dorong Transformasi Perkebunan Tradisional ke Modern

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi gula aren? Gula aren dapat dikonsumsi pada makanan dan minuman dengan berbagai cara, tapi ada cara yang lebih sehat nih, berikut di antaranya:

  • Ditambahkan pada larutan teh hijau
  • Ditambahkan ke bubur kacang hijau
  • Dicairkan dan kemudian menjadi tambahan sajian puding, pancake, atau biskuit
  • Sebagai pemanis tambahan pada makanan

Meski memiliki beragam manfaat, pengomsumsian gula aren memerlukan perhatian khusus karena dapat menimbulkan efek samping, terutama bagi yang sedang mengonsumsi obat.

Selain bagi yang sedang mengonsumsi obat, ibu hamil juga harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi gula aren. Sebelum mengonsumsi gula aren, ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Menurut PharmEasy, orang tua dan anak-anak pada beberapa kasus juga harus mendapatkan resep khusus terlebih dahulu dari dokter sebelum mengonsumsi gula aren.

Itulah beberapa potensi manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh menurut PharmEasy yang didasarkan pada sebuah penelitian terkait. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memverifikasi beberapa manfaat gula aren, semoga bermanfaat.