Petrokimia Gresik
4 September, 2016
Bagikan Berita

Council of Palm Oil Producer Countries (CPOPC) atau Dewan Produsen Sawit adalah Dewan untuk penghasil minyak sawit Indonesia dan Malaysia yang rencananya akan didirikan tahun 2017 nanti.

Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro Kementerian Perindustria (Kemenperin) Panggah Susanto optimis jika tahun 2017 segera terbentuk CPOPC sebagai satu dewan minyak sawit bersama antara Indonesia dan Malaysia.

Hal ini penting mengingat Indonesia dan Malaysia menguasai 80 persen minyak sawit dunia. atas dasar itulah CPOPC dibangun sebagai induk dari seluruh asosiasi kelapa sawit yang ada di Indonesia dan Malaysia. Rencananya CPOPC dibangun untuk mengatasi permasalahan-permasalahan komoditas kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia.

“Jadi CPOPC akan membuat standarisasi operasional industri sawit mulai dari hulu atau kebun, hingga ke hilir atau proses pengolahan,” ucap Panggah.

Diantaranya yaitu, lanjut Panggah, masalah dalam pembinaan petani sawit dari kedua negara untuk meningkatkan kapasitas keahlian, melatih soal manajemen stok dan membentuk palm oil green economic zone (POGEZ).

“Maka kita (Kemenperin) akan fokus dalam pembentukan POGEZ ini,diantaranya menyangkut kriteria dan prinsipnya,” pungkas Panggah. YIN

(Visited 64 times, 1 visits today)
Baca Juga  DITJENBUN BANTU PEMASARAN PETANI ORGANIK PALA MALUKU